Ahad, 09 Juni 2024 15:24

Wujudkan Generasi Bebas Tuberkulosis, Yamali Gelar TB Catalyst Workshop

Editor : Redaksi
Penulis : Samsir
Yayasan Masyarakat Peduli Tuberkulosis (Yamali TB) mengadakan Care for TB Catalyst Workshop dengan mengangkat tema “Pemuda Kita, Aksi Kita : Menuju Generasi Bebas Tuberkulosis” di Aula Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Sitti Khadijah 1 Muhammadiyah, Makassar, Minggu (9/6/2024). @Jejakfakta/Yamali TB
Yayasan Masyarakat Peduli Tuberkulosis (Yamali TB) mengadakan Care for TB Catalyst Workshop dengan mengangkat tema “Pemuda Kita, Aksi Kita : Menuju Generasi Bebas Tuberkulosis” di Aula Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Sitti Khadijah 1 Muhammadiyah, Makassar, Minggu (9/6/2024). @Jejakfakta/Yamali TB

Keterlibatan para kaum pemuda sangat dibutuhkan untuk menekan angka Tuberkulosis.

Jejakfakta.com, Makassar -- Dalam rangka menyukseskan program Eliminasi Tuberkulosis (TBC) pada 2030, Yayasan Masyarakat Peduli Tuberkulosis (Yamali TB) mengadakan Care for TB Catalyst Workshop dengan mengangkat tema “Pemuda Kita, Aksi Kita : Menuju Generasi Bebas Tuberkulosis” selama dua hari pada Sabtu - Minggu (8-9/6/2024).

Care for TB Catalyst Workshop diadakan untuk merangkul partisipasi para generasi muda untuk ikut serta dalam penananganan TBC dengan diberi pengetahuan tentang pencegahan dari penyakit itu sendiri.

Ketua Yamali TB, Kasri Riswadi menyambut baik TB Catalyst Workshop ini. "Edukasi tentang bahaya TBC memang sudah harus giat digencarkan," kata Kasri dalam sambutannya.

Baca Juga : Saatnya Anak Muda Paham TB, Yamali lahirkan Duta TB Lewat Sensitisasi

Workshop dihari pertama terbagi menjadi beberapa sesi dengan 4 materi yang dipaparkan, turut hadir sebagai pemateri, Ketua Tim Prognas TB RS Mitra Husada dan Dokter Spesialis Paru, Dr dr Nurjannah Lihawa Sp P(K) yang memberikan materi tentang pencegahan dan penularan TBC, Koordinator SR POP TB Indonesia dan Penyintas XDR TB, Khoirul Anas dan Farahdiba Zalika Fatah Sked, yang membagikan pengalaman mereka tentang pendampingan para pasien TBC.

Juga hadir Dwiana Fajriati Dewi SPsi MSc selaku dosen Psikologi Universitas Hasanuddin yang membahas tentang stigma masyarakat terhadap TBC dan pengaruhnya terhadap mental health yang menjadi topik cukup popular untuk para generasi muda.

Materi terakhir di hari terakhir disampaikan oleh Vice Chair for External Affair Indonesia Muda Untuk TBC (IMUT), Adhitya Bagus yang mengangkat tentang peran pemuda dalam kolaborasi dan inovasi terhadap pengendalian TBC.

Baca Juga : TB Rangers Yamali TB Gencarkan Edukasi TBC Melalui Sensitisasi di Panti Asuhan

Adhitya menjelaskan keterlibatan para kaum pemuda sangat dibutuhkan untuk menekan angka Tuberkulosis bukan hanya di Indonesia namun juga di dunia.

“TBC bisa kena siapa saja dan dimana saja, peran dari pemerintah dan para pemangku kebijakan juga krusial untuk bisa mengajak para pemuda untuk ikut serta dalam eliminasi penyakit tersebut, karena dengan keterlibatan aktif dari mereka (pemuda) diharapkan dapat menyebar awareness dan mendukung program tersebut,” jelasnya.

Sementara TB Catalyst Workshop hari kedua berlangsung secara luring yang berlokasi di Aula Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Sitti Khadijah 1 Muhammadiyah, Jl. R.A Kartini Makassar.

Baca Juga : 50 TB Rangers dari MSIB Siap Bekontribusi untuk Eliminasi TBC di Sulsel

Berbeda dengan di hari pertama, kali ini kegiatannya berfokus pada interaksi Focus Group Discussion untuk membahas bagaimana seharusnya peran pemuda dalam program eliminasi TBC.

“Harapan kami tentunya dengan adanya kegiatan ini dapat menjadi wadah untuk menampung gagasan-gagasan para peserta untuk mendorong partisipasi pemuda dalam program eliminasi TBC 2030 melalui deklarasi yang dihasilkan,” ucap Brigitha Leovani Pailo, Project Officer Care for TB Catalyst Workshop ketika ditanya mengenai output yang diharapkan dari kegiatan ini.

Care for TB Catalyst Workshop terbilang sukses mencapai tujuan acaranya yang terbukti dari interaktifnya para peserta yang ikut sepanjang acara. Kegiatan inipun ditutup dengan sesi foto Bersama.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

#Eliminasi Tuberkulosis #Yamali TB #Care for TB Catalyst Workshop #TBC #Generasi Muda
Youtube Jejakfakta.com