Ahad, 15 Januari 2023 23:39

Rusuh di PT. GNI Berawal dari Aksi Mogok Pekerja, 7 Kendaraan dan 100 Mess Dibakar Massa 

Editor : Nurdin Amir
Kerusuhan di PT. GNI Morowali Utara, akibatnya tujuh kendaraan operasional terbakar, dan 100 mess pekerja rusak dan dibakar massa.  @Jejakfakta/Ist.
Kerusuhan di PT. GNI Morowali Utara, akibatnya tujuh kendaraan operasional terbakar, dan 100 mess pekerja rusak dan dibakar massa. @Jejakfakta/Ist.

Pekerja yang mogok memaksakan masuk ke area GNI untuk mengintimidasi pekerja lainnya hingga terjadi kerusuhan.

Jejakfakta.com, Morowali Utara - Dua pekerja dilaporkan tewas saat bentrok antar karyawan di PT Gunbuster Nickel Industry (GNI), Kabupaten Morowali Utara, Sulawesi Tengah, Sabtu (14/1/2023) malam. 

Selain menelan dua korban jiwa, sebanyak 69 orang yang diduga melalukan pengrusakan fasilitas perusahaan ditahan di Mapolres Morowali Utara. 

Kabid Humas Polda Sulteng, Kombes Pol Didik Supranoto mengatakan, sebelum terjadi kerusahan, terlebih dulu dilakukan pertemuan antara karyawan yang tergabung dalam Serikat Pekerja Nasional (SPN) dan pihak perusahaan. Namun tidak ada kesepakatan atas tuntutan pekerja. 

Baca Juga : Disnakertrans Sulsel Imbau Semua Perusahaan Wajib Beri THR ke Pekerja 7 Hari Sebelum Lebaran

Akibatnya, para pekerja melakukan aksi mogok kerja, meski pihak perusahaan sudah mengeluarkan surat jawaban dari beberapa poin tuntutan, kerusuhan tak dapat dihindarkan. 

"Yang ditindaklanjuti hanya mengenai penghentian karyawan atau pekerja yang telah habis masa kontraknya, hasilnya nanti akan disampaikan usai mediasi di Dinas Ketenagakerjaan dan transmigrasi Provinsi Sulawesi Tengah, Senin 16 Januari," jelas Didik, dikutip dari Metro Sulteng, Minggu (15/1/2023). 

Namun, pekerja tetap melakukan aksi mogok kerja tanpa menunggu hasil mediasi. Pekerja memaksakan masuk ke area GNI untuk mengintimidasi pekerja lainnya. Hingga terjadi kerusuhan antara pemogok kerja dan pekerja yang merasa terintimidasi. 

Baca Juga : Tertidur Pulas Saat Kebakaran, Bocah 6 Tahun di Makassar Ditemukan Tewas

Dari informasi yang dihimpun sekira tujuh kendaraan operasional terbakar, dan 100 mess pekerja rusak dan dibakar massa. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

#Pekerja #Tewas #GNI #Dua Korban #Kerusuhan #Morowali Utara #Mogok Kerja #Serikat Pekerja Nasional
Youtube Jejakfakta.com