Sabtu, 25 Februari 2023 16:37

Kemenag Luncurkan Kampung Zakat ke-22 Di Pammana Wajo, Dorong Upaya Pengentasan Kemiskinan

Editor : Nurdin Amir
Dirjen Bimas Islam Kemenag RI, Kamaruddin Amin meresmikan Kampung Zakat di Desa Pammana, Kabupaten Wajo, Sulsel, Jumat (24/2/2023). @Jejakfakta/Ist.
Dirjen Bimas Islam Kemenag RI, Kamaruddin Amin meresmikan Kampung Zakat di Desa Pammana, Kabupaten Wajo, Sulsel, Jumat (24/2/2023). @Jejakfakta/Ist.

Kampung Zakat bergulir sejak 2018. Saat ini, tercatat ada 514 Kampung Zakat yang sudah diresmikan.

Jejakfakta.com, Wajo – Kemenag RI menargetkan pada tahun 2023, ada 1.000 Kampung Zakat yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Hal itu disampaikan Dirjen Bimas Islam Kemenag RI, Kamaruddin Amin saat meresmikan Kampung Zakat di Desa Pammana, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, Jumat (24/2/2023). Menurutnya, Kampung Zakat digulirkan sebagai upaya mengentaskan kemiskinan dan mengungkit ekonomi umat di berbagai daerah di Indonesia, termasuk daerah 3T.

"Kami sudah diskusikan dengan berbagai lembaga pengelola zakat, bila saat ini baru ada 514 kampung zakat. Kita akan masifkan lagi pada tahun ini menjadi 1.000 kampung zakat," ujar Kamaruddin Amin.

Baca Juga : Dihadapan Pimpinan dan Umat Konghucu Sulsel, Wamenag RI Kenang Nilai Moderasi Beragama Ala Gus Dur

Kampung Zakat merupakan salah satu program sinergi antara Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama dengan Basnaz (Badan Amil Zakat Nasional) dan lembaga pengelola zakat lainnya.

Melalui program ini, Kementerian Agama mendorong kampung-kampung zakat bisa berkembang dan bertumbuh di seluruh daerah di Indonesia. Program ini sekaligus menjadi upaya negara dalam meningkatkan perekonomian umat melalui optimalisasi dana zakat.

Kampung Zakat bergulir sejak 2018. Saat ini, tercatat ada 514 Kampung Zakat yang sudah diresmikan. Kesemuanya adalah binaan Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama, Baznas, sejumlah Lembaga Amil Zakat (LAZ), dan Pemerintah Daerah.

Baca Juga : Program Kampung Zakat, Baznas Tunjuk Pulau Lakkang Jadi Percontohan Nasional

Dari jumlah itu, ada 19 Kampung Zakat yang merupakan binaan Kementerian Agama. Dan Desa Pammana di Kab. Wajo merupakan Kampung Zakat ke-22.

Sebelumnya, Bupati Wajo H. Amran Mahmud memaparkan, sudah menginisiasi "Pembersihan Harta" dengan pembayaran zakat profesi bagi seluruh ASN di Wajo di awal kepemimpinannya.

Zakat yang dikumpulkan oleh para muzakki melalui Baznas dan Lembaga Zakat lainnya sangat membantu pemberdayaan masyarakat kita yang membutuhkan.

Baca Juga : Muhammadiyah Usulkan Tambah Libur Lebaran, Abdul Mu’ti: Supaya Kita Bisa Ibadah dengan Tenang

"Semoga Energi Kampung Zakat di Pammana ini bisa menular semangatnya ke seluruh daerah di Kabupaten Wajo dan Sulsel," jelasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

#Kemenag RI #Dirjen Bimas Islam #Kampung Zakat #Wajo #Mengentaskan Kemiskinan #Perekonomian Umat #Baznas
Youtube Jejakfakta.com