Selasa, 18 April 2023 16:19

PT Vale Tuntaskan Serial Diskusi Bersama Jurnalis di Enam Kota di Indonesia

Editor : Nurdin Amir
Diskusi dan buka puasa bersama dengan para jurnalis di Makassar, Sabtu (15/04/2023). @Jejakfakta/dok. humas Vale
Diskusi dan buka puasa bersama dengan para jurnalis di Makassar, Sabtu (15/04/2023). @Jejakfakta/dok. humas Vale

Proyek PT Vale di Pomalaa pada 30 Maret lalu memasuki babak baru, dengan penandatanganan kerja sama antara PT Vale, Huayou, dan Ford, pada proyek pertambangan dengan smelter berbasis High Pressure Acid Leach (HPAL) tersebut.

Jejakfakta.com, Jakarta – PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) menjunjung tinggi komitmen untuk menjalankan dialog terbuka dan transparan, lewat serangkaian silaturahmi dan buka puasa bersama dengan para jurnalis di enam kota di Indonesia, mulai Jumat (7/4/2023) hingga Senin (17/4/2023).

Kota-kota yang dikunjungi oleh tim Communications PT Vale tersebut adalah lokasi operasi maupun kantor perwakilan PT Vale, yakni Morowali, Palu, Kolaka, Kendari, Makassar, dan Jakarta.

Head of Communications PT Vale Bayu Aji menyampaikan, momentum buka puasa bersama dimanfaatkan tidak saja untuk menjalin silaturahmi bersama media, sekaligus dijadikan ajang sharing informasi terkait perkembangan perusahaan serta mengkampanyekan komitmen berkelanjutan yang sudah diterapkan selama ini.

Baca Juga : Dari Kades Hingga Elit Parpol Hadiri Buka Puasa Andi Utta di Tanete

Termasuk mengupdate perkembangan perseroan disejumlah area baik di Sorowako, Pomala dan Morowali.

“Rekan-rekan jurnalis sangat antusias untuk menggali progres PT Vale di area-area yang baru kami resmikan, yakni di dua provinsi di Sulawesi. Selain itu, kami juga mengapresiasi, karena kami menerima juga pertanyaan yang sifatnya berupa masukan-masukan,” kata Bayu dalam keterangan yang diterima Jejakfakta.com, Selasa (18/04/2023).

Pada kota-kota tempat proyek pengembangan PT Vale, tim terkait proyek juga turut berpartisipasi, serta berdiskusi dengan media. Seperti di Morowali hadir

Baca Juga : Pendeta Hadiri Acara Buka Bersama di Masjid Tertua di Toraja, Sampe Baralangi: Wujud Kerukunan

Topan Prasetyo IGP Project Director Site Morowali, di Blok Pomalaa, Sulawesi Tenggara, turut hadir Project Director PT Vale Indonesia IGP Pomalaa, Muh. Rifai .

Pada kesempatan tersebut keduanya menjelaskan bagaimana progress proyek yang sedang dijalankan. Seperti Proyek PT Vale di Pomalaa pada 30 Maret lalu memasuki babak baru, dengan penandatanganan kerja sama antara PT Vale, Huayou, dan Ford, pada proyek pertambangan dengan smelter berbasis High Pressure Acid Leach (HPAL) tersebut.

Muh. Rifai banyak menjelaskan perkembangan IGP Pomalaa, yang kini memasuki tahap pekerjaan awal atau early works, dengan tetap menjalankan rekrutmen tenaga kerja yang memprioritaskan talenta lokal.

Baca Juga : Masyarakat Loeha Raya Kecam Dugaan Adu Domba yang dilakukan PT Vale

Topik ketenagakerjaan, khususnya prioritas terhadap tenaga kerja lokal juga mengemuka pada sesi bersama media di Palu, Sulawesi Tengah.

Atas pertanyaan ini, Bayu Aji menjelaskan, hingga transfer pengetahuan selesai, PT Vale masih akan mengandalkan para talenta senior dari operasi yang sudah eksis. Setelah itu, bertahap, para talenta lokal akan mengisi lebih banyak porsi pada operasional proyek.

"Gambaran di Luwu Timur, saat ini sekitar 90 persen dari 3 ribuan karyawan PT Vale adalah warga Luwu Timur. Hanya 10 persen saja yang dari luar. Kita belum bisa bandingkan Luwu Timur dengan kondisi saat ini di proyek Morowali. Karena, untuk Luwu Timur, PT Vale sudah beroperasi selama lebih dari 54 tahun, sehingga kapasitas dan teknologi sudah ditransfer ke tenaga kerja lokal," paparnya.

Baca Juga : Buka Puasa Bersama Masyarakat, Bupati MYL Imbau Pejabat Harus Memberikan Pelayanan Terbaik

Bayu juga menekankan, fokus ke talenta lokal tercermin pula dengan pelatihan angkatan kerja lokal dan program PPM yang mendukung sektor pendidikan, baik di Sorowako, Pomalaa, maupun Morowali.

Sementara, di Jakarta, para jurnalis banyak mendiskusikan seputar divestasi maupun prospek investasi pada proyek-proyek pengembangan PT Vale.

“PT Vale saat ini fokus untuk melaksanakan kinerja keberlanjutan, yang menjadi spirit utama dalam proyek eksisting maupun dari proyek pengembangan. Kami sangat bersyukur, karena kinerja keberlanjutan ini pula, Presiden Jokowi berkenan datang ke Sorowako pada Maret lalu, dan mengapresiasi apa yang telah kami implementasikan,” terang Bayu Aji. (r)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

#PT Vale #Buka Puasa Bersama #Sorowako #proyek pengembangan #IGP Pomalaa
Youtube Jejakfakta.com