Selasa, 02 April 2024 06:11

Mudik di Musim Penghujan, BPBD Sulsel Minta Perhatian Jalur Rawan Bencana Longsor

Editor : Nurdin Amir
Penulis : Atri Suryatri Abbas
Pemudik menerobos hujan (ilustrasi). Cuaca ekstrem berpotensi terjadi saat arus mudik Lebaran 2024. @Foto: ANTARA/Dedhez Anggara
Pemudik menerobos hujan (ilustrasi). Cuaca ekstrem berpotensi terjadi saat arus mudik Lebaran 2024. @Foto: ANTARA/Dedhez Anggara

Amson berpesan agar masyarakat mengutamakan kondisi kesehatan.

Jejakfakta.com, Makassar -- Memasuki musim penghujan yang bertepatan dengan bulan Ramadan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi Selatan (Sulsel) mengingatkan kepada masyarakat agar berhati-hati saat mudik lebaran.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Sulsel, Amson Padolo mengatakan agar masyarakat yang hendak melakukan mudik lebaran agar dapat memantau perkembangan informasi terkait kondisi cuaca, seperti perkiraan cuaca dari BMKG.

Sementara para pemudik dijalur darat yang menggunakan kendaraan pribadi agar melakukan pengecekan terlebih dahulu kondisi kendaraan yang akan digunakan, baik roda dua maupun roda empat.

Baca Juga : Basarnas Makassar Turunkan Tim Evakuasi di Lokasi Longsor Bastem Luwu, 10 Orang Ditemukan Selamat dan 4 Meninggal

Selain itu, pemudik dapat waspada pada jalur yang rawan terjadi longsor.

“Jadi kalau mudik pake kendaraan pribadi perhatikan baik-baik kondisi cuaca, berhenti pada pos yang sudah dipersiapkan untuk para pemudik jika tidak memungkin untuk melanjutkan perjalanan,” kata Amson kepada awak media, Selasa (2/4/2024).

“Pun untuk masyarakat yang bakal menempuh jalur laut, diharapkan memperhatikan informasi dari sumber informasi seperti syahbandar, dan BMKG dan mengindahkan himbauan dan larangan jika memang dikeluarkan,” lanjutnya.

Baca Juga : Longsor di Bastem Luwu, Empat Orang Ditemukan Meninggal

Tak hanya itu, Amson berharap agar para pemudik yang bakal meninggalkan rumahnya agar memperhatikan dan menyimpan dengan baik barang-barang berharga yang akan ditinggalkan.

Dalam perjalanan, Amson berpesan agar masyarakat mengutamakan kondisi kesehatan.

“Amankan surat dan barang berharga di tempat yang tidak terjangkau banjir jika rumah berada pada daerah rawan banjir,” imbuhnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

#BPBD Sulsel #BMKG #musim penghujan #Amson Padolo
Youtube Jejakfakta.com