Ahad, 09 Juni 2024 06:49

Dorong Kreatifitas Desainer Lokal, Dekranasda Ikut Sukseskan Festival Sulsel Menari

Editor : Redaksi
Penulis : Atri Suryatri Abbas
Festival seni pertunjukan Sulsel Menari secara resmi dibuka oleh Penjabat Gubernur Zudan Arif Fakrulloh, Sabtu malam (8/6/2024). @Jejakfakta/dok. Pemprov Sulsel
Festival seni pertunjukan Sulsel Menari secara resmi dibuka oleh Penjabat Gubernur Zudan Arif Fakrulloh, Sabtu malam (8/6/2024). @Jejakfakta/dok. Pemprov Sulsel

Event Sulsel Menari ini mampu mengembangkan kreatifitas desainer-desainer lokal. Sekaligus ajang promosi wastra dari daerah kepada masyarakat banyak.

Jejakfakta.com, MAKASSAR -- Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sulsel turut serta dalam rangkaian Festival Sulsel Menari. Kegiatan yang digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Sulsel ini berlangsung selama satu minggu, mulai tanggal 8 - 15 Juni 2024, di Lego-lego, Kawasan Center Point of Indonesia (CPI) Makassar.

Dengan mengangkat tema South Sulawesi in Harmony, Sulsel Menari secara resmi dibuka oleh Penjabat Gubernur Zudan Arif Fakrulloh, Sabtu malam (8/6/2024).

Dekranasda Sulsel turut ikut berkontribusi dalam rangkaian Fashion Show yang akan diikuti oleh masing-masing perwakilan dari 24 Kabupaten/Kota di Sulsel. Bahkan diikuti oleh para Bupati dan Walikota beserta pasangannya.

Baca Juga : Raih Dua Rekor MURI, 24.913 Pelajar Menari Paddupa Kenakan Baju Bodo

Ketua Panitia Fashion Show dalam Sulsel Menari, Mimi Nasution, mengatakan, persiapan sudah 80 persen, nantinya akan dilaksanakan pada tanggal 14 dan 15 Juni 2024.

Dalam fashion show ini ada dua kategori. Ada yang diperlombakan, dimana setiap Kabupaten/Kota mengirimkan perwakilannya. Dan fashion show VIP yang diikuti oleh para pejabat yaitu Gubernur beserta Ibu, Forkopimda, Instansi Vertikal, BUMN, BUMD, Perbankan serta Bupati dan Ketua Dekranasda Kabupaten/Kota se Sulsel. Fashion show VIP ini tidak diperlombakan.

"Fashion show yang dilombakan ini, Kabupaten/Kota mengirimkan perwakilan mereka untuk fashion show, dengan mengangkat wastra (kain tradisional) dari daerah masing-masing," jelasnya.

Baca Juga : Sofha Marwah Bahtiar Berbagi Bahagia Bersama Anak Panti Asuhan Mawaddah

Mimi menjelaskan, wastra yang akan dikenakan itu dibuat oleh desainer lokal dari daerah tersebut, yang dimentori oleh asosiasi Desainer Olah Tenun (DOT).

"Jadi desainer ini belajar bagaimana cara mengolah suatu barang wastra diwujudkan jadi baju, kemudian di fashion show-kan dan dilombakan," tuturnya.

Dirinya pun berharap dalam event Sulsel Menari ini mampu mengembangkan kreatifitas desainer-desainer lokal. Sekaligus ajang promosi wastra dari daerah kepada masyarakat banyak.

Baca Juga : Dekranasda Preloved for Charity Berhasil Kumpulkan Rp146 Juta, Disumbangkan untuk UKM dan Pengrajin Disabilitas

Sebelumnya, Penjabat Ketua Dekranasda Sulsel, Ninuk Triyanti Zudan, secara virtual memimpin langsung rapat koordinasi persiapan pelaksanaan Fashion Show dalam Festival Sulsel Menari, yang diikuti oleh Kepala Disbudpar Sulsel Muhammad Arafah, Pengurus Dekranasda Sulsel, dan Ketua Dekranasda Kabupaten/Kota se Sulsel.

Dalam rapat tersebut, Ninuk Zudan meminta dukungan Dekranasda Kabupaten/Kota dalam menampilkan kain-kain khas dalam fashion show nantinya. Termasuk dalam tarian yang akan ditampilkan.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

#Festival Sulsel Menari #Dekranasda Sulsel #Fashion Show #promosi wastra
Youtube Jejakfakta.com