Senin, 23 Januari 2023 23:06

Polisi Dalami Motif Ledakan Dekat Rumah Jurnalis di Papua

Editor : Herlina
Olah tempat kejadian perkara teror bom rakitan. (Dok. Jejakfakta.com/Ist)
Olah tempat kejadian perkara teror bom rakitan. (Dok. Jejakfakta.com/Ist)

Pihak kepolisian belum bisa memastikan dan menyimpulkan motif adanya ledakan bom rakitan di sana.

Sebuah bom rakitan meledak di Kelurahan Angkasapura, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura, Papua, Senin (23/1) sekitar pukul 04.00 WIT, tidak jauh dari kediaman jurnalis senior di Papua bernama Victor Mambor.

Kasat Reskrim Polres Kota Jayapura Kota AKP Oscar Fajar Rahadian mengungkapkan, pihaknya tengah menyelidiki kejadian tersebut setelah ada laporan masuk ke Polsek Jayapura Utara.

"Sudah dilakukan olah TKP (Tempat kejadian perkara) dan pengambilan sampel bahan peledak di sana karena akan diuji untuk mengetahui ledakan tersebut berjenis bom atau hal lain," ungkap Oscar.

Baca Juga : Jurnalis Makassar Gelar Aksi Solidaritas atas Pembunuhan 57 Jurnalis di Palestina

Pihak kepolisian juga belum bisa memastikan dan menyimpulkan motif adanya ledakan bom rakitan di sana. "Apakah itu teror terhadap wartawan atau tidak, karena itu tidak di samping atau pekarangan rumah wartawannya meledak, tapi di tengah jalan," ungkap Oscar.

"Meski demikian, pelapor memperkirakan itu sebagai teror. Pasti kami akan dalami," sambung Oscar.

Terpisah, Koordinator Advokasi AJI Jayapura Fabio Costa mengatakan AJI Jayapura mengecam kejadian itu karena menganggap ledakan itu sebagai aksi teror, sebagai bagian intimidasi terhadap wartawan.

Baca Juga : IJTI Pengda Sulsel Gelar Talk Show, Rudianto Lallo: Peran Jurnalis Sebagai Pengkritik

AJI Jayapura pun dalam pernyataan resminya meminta Polda Papua dan Polresta Jayapura Kota mengusut tuntas pelaku dan motif di balik aksi teror bom yang menimpa Victor Mambor itu.

"AJI Jayapura mengajak seluruh jurnalis di tanah Papua agar tidak pantang mundur menyuarakan kebenaran di tengah berbagai rintangan" tegas Fabio.

Menurutnya, kronologis kejadian yang diperoleh dari Victor Mambor, katanya sebelum tertidur, mendengar bunyi motor berhenti di jalan tepat di samping rumahnya.

Baca Juga : Mahasiswa Makassar Bergerak Tolak UU Cipta Kerja dan Gas Air Mata Polisi

Tidak lama kemudian, pengendara motor itu meninggalkan lokasi tersebut dan sekitar satu menit terdengarlah bunyi ledakan.

Bunyi ledakan ini tak hanya mengagetkan Victor dan keluarganya. Sejumlah Warga setempat di komplek pemukiman itu juga sempat meninggalkan rumahnya untuk memeriksa lokasi sumber ledakan. Semula Victor mengira bunyi tersebut bersumber dari gardu listrik yang meledak. 

Fabio menambahkan ada bukti rekaman kamera CCTV yang terpasang di salah satu bagian rumah Victor. Terlihat sekilas sebuah sepeda motor yang melintasi samping rumahnya sebelum terjadi ledakan. "Jadi kita akan menunggu hasil penyelidikan polisi," pungkas Fabio. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

#Polisi #Bom #Rakitan #Papua #Jurnalis #Teror
Youtube Jejakfakta.com