Rabu, 25 Januari 2023 23:19

Video Viral Bayi Dicekoki Kopi Susu, Presiden Sindir Kader Posyandu

Editor : Herlina
Tangkapan layar bayi tujuh bulan dicekoki kopi susu. (Dok. Jejakfakta.com./Ist)
Tangkapan layar bayi tujuh bulan dicekoki kopi susu. (Dok. Jejakfakta.com./Ist)

Presiden Jokowi menekankan pentingnya penyuluhan bagi ibu hamil dan menyusui. Juga berharap kejadian serupa tidak terulang.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi), ternyata memantau beredarnya video bayi yang dicekoki kopi instan, yang ternyata terjadi di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Saat membuka Rapat Kerja Nasional Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana dan Penurunan Stunting di Jakarta, Rabu (25/1), Jokowi menyinggung kejadian itu.

"Saya lihat kemarin yang ramai, bayi baru tujuh bulan diberi kopi susu saset oleh ibunya. Karena yang ada di bayangan di sini adalah susu, anaknya mau diberikan susu. Hati-hati mengenai ini," seru Jokowi.

Baca Juga : Jokowi Setujui Penambahan 14 Proyek Strategis Nasional Baru, 4 di Sulawesi

Dikutip dari siaran langsung via kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jokowi mengatakan, kemungkinan peristiwa itu karena ibu tidak mengetahui soal dampak kesehatan di balik pemberian kopi instan kepada bayi. Demikian juga dengan pengetahuan seputar gizi yang diperlukan bayi.

Jokowi pun menekankan pentingnya penyuluhan bagi ibu hamil dan menyusui. Dia berharap kejadian serupa tidak terulang. "Yang namanya penyuluhan penting. Karena memang kata ibunya bermanfaat. (Tapi tidak tahu) bahwa anak, ginjal, jantung, dan lambung itu belum kuat," tekannya.

Jokowi juga menyindir kader Posyandu dan BKKBN yang kalah cepat dari polisi dalam menangani kejadian itu. "Karena kecepatan Kapolri mungkin. Reaksi lebih cepat, datang lebih dulu daripada kader," sindirnya.

Baca Juga : Prabowo Subianto Resmi Menerima Gelar Kehormatan Jenderal TNI Bintang 4

Karena sebelumnya, pihak Polres Gowa sudah menangani kasus video viral itu. Ibu bayi sementara diperiksa penyidik, sedangkan si bayi diperiksa kesehatannya. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

#Bayi #Kopi Susu #Viral #Presiden #Joko Widodo #Jokowi #Posyandu #BKKBN #Kepolisian
Youtube Jejakfakta.com