Ahad, 05 Maret 2023 15:15

Buntut Tak Dapat Adipura, Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar Diminta Berbenah

Editor : Nurdin Amir
Tumpukan sampah di TPA Antang. Setiap tahun volume sampah di Kota Makassar meningkat. @Jejakfakta/dok. Walhi Sulsel
Tumpukan sampah di TPA Antang. Setiap tahun volume sampah di Kota Makassar meningkat. @Jejakfakta/dok. Walhi Sulsel

Kegagalan Pemkot Makassar meraih adipura, kata Makmur, karena mindset dinas lingkungan hidup yang selalu berorientasi pada proyek dan mengejar adipura.

Jejakfakta.com, Makassar - Walhi Sulsel menilai Kegagalan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar meraih Piala Adipura tahun 2023 karena Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kota Makassar tidak memiliki program yang baik, jitu dan konperhensif dalam mengelola lingkungan di Kota Makassar.

Hal itu disampaikan Kepala Departemen Riset dan Pendekatan Publik Walhi Sulawesi Selatan, Slamet Riady, kepada media, Ahad (5/3/2023). Menurutnya, tidak ada program pengelolaan sampah yang berkelanjutan.

Moment kegagalan ini, kata Slamet Riady, sebagai bahan evaluasi, mulai dari pola pikir para pejabat dinas lingkungan hidup, hingga program dan strategi yang dijalankan.

Baca Juga : Film Genre Komedi 'Keluar Main 1994' Tayang 28 Maret

"Saya lihat sejak Walikota dilantik, dinas lingkungan hidup sama sekali tidak punya program," katanya.

Bagi Slamet, yang harus dievaluasi juga adalah kinerja UPT-UPT dan yang terpenting siapa mitra dinas lingkungan hidup.

"Ditambah lagi badan pembangunan internasional dan mitranya di Makassar yang menjalankan program sampah, sama sekali tidak berkontribusi dalam mengatasi masalah sampah di Makassar," jelasnya.

Baca Juga : CSR Kalla Group Tawarkan Revitalisasi Taman Hasanuddin, Indira Yusuf Ismail Tekankan Fasilitas dan Sarana Edukasi

Tak hanya itu, Slamet jugu menilai, dukungan DPRD dan Walikota Makassar terhadap dinas lingkungan hidup juga sangat minim.

"Ditambah peran UPT Bank Sampah yang tidak maksimal," terangnya.

Slamet menjelaskan bahwa masalah sampah di Kota Makassar harus diberi perhatian yang serius seperti halnya dengan masalah banjir.

Baca Juga : Kabupaten Pangkep Raih Piala Adipura, MYL: Berkat Kerjasama Semua Pihak

Bukan karena ingin dapat adipura, melainkan karena volumenya terus bertambah. Maka program pengelolaan sampah yang dikerjakan oleh Dinas Lingkungan Hidup di Kota Makassar harus berubah.

"Sekarang, DLH harus membuka diri, DLH harus menerima mengadopsi masukan dan ide-ide dari luar, khususnya dari organisasi yang ekspert pada isu sampah. Walikota dan Ketua DPRD juga harus memberi anggaran yang besar kepada DLH, khususnya untuk dapat mengatasi volume sampah yang semakin besar. Adipura itu bonus, bukan tujuan," ungkap Slamet.

Baca Juga : Kabupaten Maros Kembali Raih Piala Adipura Kategori Kota Kecil

Secara terpisah, Direktur Yaptau, Makmur, mengatakan bahwa kegagalan pemkot Makassar meraih adipura karena mindset dinas lingkungan hidup yang selalu berorientasi pada proyek dan mengejar adipura.

"Sementara mereka tidak paham bagaimana mengatasi masalah sampah di Kota Makassar. Sehingga strategi penanganannya keliru," ujar Makmur kepada Jejakfakta.com, Ahad (5/3/2023).

Selain itu, Makmur juga menilai bahwa program sampah yang digagas lembaga asing dan LSM lokal di Makassar juga tidak berhasil mengatasi sampah di Kota Makassar.

Baca Juga : Kedua Kalinya, Bupati Bulukumba Andi Utta Terima Piala Adipura

Inisiator sekaligus Ketua Perkumpulan Pengusaha Plastik Limbah Indonesia ini bahkan bercerita bahwa dirinya pernah mendatangi dan berdiskusi dengan Kepala UPT bank sampah dan Walikota Makassar untuk menjelaskan strategi penanganan sampah di Makassar. Namun hingga saat ini belum ada tindak lanjut dari pemerintah.

"Sebagai lembaga yang paham terhadap strategi pengelolaan sampah dan sangat risau dengan masalah sampah di Kota Makassar, kami tentu berkepentingan untuk menjelaskan strategi kami ke pemerintah. Walikota Makassar saat itu juga setuju dengan rencana kami" ucap Makmur.

Sehingga Makmur berharap Walikota Makassar dapat segera menindaklanjuti saran usulan tersebut.

"Sehingga persoalan sampah di Kota Makassar dapat teratasi dan pemerintah kota, masyarakat, hingga kelurahan dapat pemasukan dari pengelolaan sampah," harapnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

#Piala Adipura #Walhi Sulsel #Dinas Lingkungan Hidup #Makassar #Pola Pikir #Pejabat #Berorientasi Pada Proyek
Youtube Jejakfakta.com