Kamis, 05 Oktober 2023 06:20

Mentan Syahrul Yasin Limpo Sudah Tiba di Jakarta, Penyidik KPK Sita Koper dan Mobil Audi di Makassar

Editor : Nurdin Amir
Penulis : Samsir - Atri Suryatri Abbas
Penyidik KPK menggeledah dua rumah pribadi SYL di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (04/10/2023). @Jejakfakta/Samsir
Penyidik KPK menggeledah dua rumah pribadi SYL di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (04/10/2023). @Jejakfakta/Samsir

Di Makassar, penyidik KPK menyita sebuah koper dan mobil Audi berwarna hitam.

Jejakfakta.com, Makassar -- Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) telah tiba di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang pada Rabu (04/10) malam, setelah sempat hilang kontak saat ke luar negeri.

Dikutip detik.com, Kabar ketibaan Mentan Syahrul Yasin Limpo dikonfirmasi oleh Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM), Silmy Karim. Dia mengatakan Syahrul Yasin telah berada di Indonesia.

"(SYL) sudah berada di Indonesia," ujar Silmy ketika dikonfirmasi detik.com, Rabu (4/10/2023).

Baca Juga : Disnaker Makassar Dorong Pertumbuhan Ekonomi Lewat Pelatihan Industri dan Usaha

Silmy mengatakan Syahrul telah melintas di pemeriksaan imigrasi sekitar pukul 18.41 WIB. Namun dia belum merincikan pada pukul berapa Syahrul meninggalkan bandara.

"Tadi melintas di pemeriksaan imigrasi 18.41 WIB," sebutnya.

Sebelumnya, Menteri SYL diduga hilang kontak setelah mengikuti acara di Spanyol, sementara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus melanjutkan proses penyidikan terhadap dugaan korupsi di Kementerian Pertanian.

Baca Juga : DLH Makassar Perkuat Penanganan Persampahan dari Hulu ke Hilir

Sebagai informasi, KPK telah memulai penyidikan dan menetapkan tersangka dalam kasus dugaan korupsi di Kementan. Namun KPK belum mengumumkan siapa saja tersangka dalam kasus itu.

KPK juga telah melakukan penggeledahan di rumah dinas Syahrul Yasin Limpo. Ada duit puluhan miliar rupiah yang disita.

Penggeledahan di rumah dinas SYL itu dilakukan pada Jumat (29/9). Saat penggeledahan dilakukan, SYL sedang berada di Roma, Italia, untuk melaksanakan tugas kedinasan.

Baca Juga : Home Care Dottoro ta', 2.535 Warga Makassar Terlayani di Semester Pertama 2024

Pada Rabu (04/10) KPK menggeledah dua rumah pribadi SYL di Makassar, Sulawesi Selatan.

“Benar, hari ini tim penyidik melanjutkan penggeledahan di Kota Makassar. Kegiatannya masih berlangsung dan segera setelah selesai akan kami sampaikan hasilnya," ujar juru bicara KPK, Ali Fikri daat dikonformasi wartawan.

Penggeledahan dilaporkan berlangsung di dua rumah secara bersamaan di Jalan Pelita Raya dan di Kompleks Bumi Permata Hijau, Jalan Sultan Alauddin, Kecamatan Rappocini, Kota Makassar.

Baca Juga : Hujan Deras Sambut Kedatangan Kloter 08 UPG, 1 Jemaah Asal Luwu Tinggal di Makkah

Berdasarkan pemantauan Jejakfakta.com di lapangan, penyidik KPK menyita sebuah koper dan mobil Audi berwarna hitam. Penyidik langsung membawa mobil tersebut dari kediaman SYL.

Sehari sebelumnya, Selasa (03/10), KPK melakukan penggeledahan di rumah seorang staf Menteri Pertanian di Jagakarsa, Jakarta Selatan. Jubir KPK, Ali Fikri, mengatakan tim penyidik menemukan sejumlah bukti dokumen, namun dia tidak menjelaskan isi dokumen tersebut.

"Ditemukan berikut diamankan bukti antara lain berupa dokumen yang berisi catatan penting kaitan dengan perkara ini," katanya kepada wartawan.

Baca Juga : Fadliah Firman Hadirkan Inovasi 'Phinisita' Tunjang Sistem di PTSP Makassar

KPK telah meningkatkan kasus dugaan korupsi di Kementan dari penyelidikan ke penyidikan. Lembaga antirasuah itu memetakan korupsi di Kementan menjadi tiga kluster yaitu dugaan pemerasan, dugaan gratifikasi, serta dugaan tindak pidana pencucian uang.

KPK telah menganalisa keterangan dari 49 pejabat di Kementan, termasuk SYL selaku Menteri Pertanian. (sumber: detik.com, bbc.com, jejakfakta.com).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

#Menteri Pertanian #Syahrul Yasin Limpo #penggeledahan #Kota Makassar
Youtube Jejakfakta.com