Senin, 01 April 2024 17:46

Mentan Ancam Pecat Pejabat Kementan yang Terima Suap

Editor : Nurdin Amir
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman saat ditemui di kantor Kementan, Senin (1/4/2024). Foto: (CNBC Indonesia/Ferry Sandi)
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman saat ditemui di kantor Kementan, Senin (1/4/2024). Foto: (CNBC Indonesia/Ferry Sandi)

Sanksi juga bakal diberikan kepada pengusaha yang memberi uang gratifikasi.

Jejakfakta.com, Jakarta -- Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengancam anak buahnya yang menerima suap seperti fee proyek bakal terkena sanksi. Bentuk sanksinya bermacam-macam, mulai dari turun pangkat hingga pemecatan. Sanksi juga bakal diberikan kepada pengusaha yang memberi uang gratifikasi.

"Tidak boleh ada yang menerima, memberi fee karena yang menerima fee aku beri sanksi di Kementerian seperti dulu dan yang memberi aku blacklist dua-duanya kena," ungkap Amran di kantor Kementan, Senin (1/4/2024) dikutip CNBC Indonesia.

"Kalau beri fee pengusaha di-blacklist dan dipecat paling tinggi saya pecat, biasanya turun pangkat tapi pernah saya lakukan pemecatan," lanjutnya.

Baca Juga : Amran Sulaiman Tegaskan di Kementan Tidak Boleh Ada Percaloan Maupun Orang Dalam

Aturan ini berlaku untuk semua internal Kementan, mulai dari staf hingga pejabat di tingkatan tertinggi, termasuk ia pun mengancam para pejabat di Eselon I yang diemban pada Direktur Jenderal

"Oh nggak-nggak, pernah juga dulu saya copot eselon I dua kali saya pecat pernah, jadi sanksi itu berlaku di umum bukan di jabatan ini jabatan ini," kata Amran.

Lalu apa aturan ini bakal masuk ke dalam Permentan?

Baca Juga : Temui Amran Sulaiman di Makassar, Rusdi Masse: Hanya Bahas Pupuk

"Udah lengkap aturan, kita cuma tinggal pelaksanaannya berani atau tidak menindaklanjuti peraturan yang ada," ujar Amran.

Langkah ini agar pengadaan dapat berlangsung dengan cepat dan proporsional supaya sehingga pemerintah bisa mengakselerasi tanam di lapangan, jika tidak mempermudah pengusaha maka akan sangat berpengaruh pada kinerja pemerintah.

"Kita permudah pengusaha itu pengusaha tumpuan negara tapi jangan menggoda orang-orang pertanian dan juga orang pertanian juga jangan menggoda jadi dua-duanya harus kita jaga," sebut Amran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

#Amran Sulaiman #Kementan #pejabat eselon kementan
Youtube Jejakfakta.com