Kamis, 06 Juni 2024 19:35

TP PKK Kota Makassar Sosialisasikan Program Kampung Hatinya PKK di Kecamatan Wajo

Editor : Redaksi
Penulis : Atri Suryatri Abbas
Sosialisasi program Kampung Hatinya PKK digelar di lorong binaan PKK di Kecamatan Wajo, pada Kamis (6/6/2024). @Jejakfakta/dok. Humas Pemkot Makassar
Sosialisasi program Kampung Hatinya PKK digelar di lorong binaan PKK di Kecamatan Wajo, pada Kamis (6/6/2024). @Jejakfakta/dok. Humas Pemkot Makassar

Dorong kemandirian pangan manyarakat.

Jejakfakta.com, MAKASSAR -- TP PKK Kota Makassar terus memperkuat upaya pemberdayaan masyarakat dengan menggelar sosialisasi program Kampung Hatinya PKK di beberapa lorong binaan PKK. Sosialisasi pada hari ketiga ini digelar di lorong binaan PKK di Kecamatan Wajo, pada Kamis (6/6/2024).

Kegiatan ini bertujuan untuk mengoptimalkan pemanfaatan lahan pekarangan sebagai sumber ketahanan pangan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Acara sosialisasi ini dihadiri oleh pengurus dan anggota TP PKK dari berbagai tingkatan mulai dari Kota Makassar, Kecamatan Wajo, hingga kelurahan se-Kecamatan Wajo.

Baca Juga : Dukung Perkuatan Keimanan Umat, TP PKK Kota Makassar Gelar Kajian Islam

Hadir pula Ketua Pokja III TP PKK Provinsi Sulawesi Selatan, Sri Suro Adhawati, dan Kepala Bidang Dinas Perikanan dan Kota Makassar, Takdir, yang bertindak sebagai narasumber.

Sekretaris TP PKK Kota Makassar Bonita Latief menjelaskan bahwa program Kampung Hatinya PKK merupakan program kerja Pokja III sebagai bagian dari upaya PKK untuk menciptakan lingkungan yang sehat, hijau, dan mandiri pangan.

Kata dia, program Kampung Hatinya PKK ini tidak hanya berfokus pada penataan pekarangan yang produktif, tetapi juga mengedukasi masyarakat tentang pentingnya kemandirian pangan.

Baca Juga : Hadapi Era Digital, TP PKK Makassar Bekali Kader dengan Literasi Internet

"Di sini masyarakat diajarkan bahwa pekarangan itu dapat menjadi sumber ketahanan pangan keluarga. Meski kita di daerah perkotaan, kita masih dapat memanfaatkan pekarangan dengan menanam secara vertikal menggunakan teknik Tabulampot atau tanaman buah dalam pot," jelasnya.

Dalam sosialisasi tersebut, peserta juga mendapatkan penjelasan mengenai tahapan membentuk rumah pangan, mulai dari jenis komoditi pangan Beragam Bergizi Seimbang Aman (B2SA), prinsip menu B2SA, hingga kriteria lokasi rumah pangan.

Selain itu mereka juga dididik tentang budidaya ikan air tawar dengan sistem akuaponik.

Baca Juga : Kodam XIV/Hasanuddin Apresiasi Ruang Dialog untuk Ketahanan Pangan Bersama Penjabat Gubernur Sulsel Zudan Arif

Sosialisasi ini juga diisi dengan sesi tanya jawab, di mana warga dapat mengajukan pertanyaan seputar teknik bercocok tanam dan cara mengatasi masalah yang sering dihadapi dalam pemanfaatan pekarangan.

"Kami berharap melalui program Kampung Hatinya PKK ini, masyarakat dapat lebih mandiri dalam memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari dan meningkatkan kesejahteraan keluarga," tandasnya.

Sekadar diketahui, sosialisasi ini digelar selama 5 hari, mulai 4 sampai 8 Juni 2024, dan menyasar masyarakat di lorong-lorong binaan PKK.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

#PKK Kota Makassar #Pemberdayaan Masyarakat #Kampung Hatinya PKK #ketahanan pangan
Youtube Jejakfakta.com