Senin, 20 Maret 2023 14:51

Kemah Lingkungan Bosara 2023, Dorong Generasi Muda Peduli Sampah Plastik

Editor : Nurdin Amir
Kemah Lingkungan Bosara 2023 di Desa Walanga Kabupaten Wajo, pada tanggal 17 - 19 Maret 2023. @Jejakfakta/Ist.
Kemah Lingkungan Bosara 2023 di Desa Walanga Kabupaten Wajo, pada tanggal 17 - 19 Maret 2023. @Jejakfakta/Ist.

"Penyadaran dimulai dari generasi muda kita, yang kedepan menjadi ujung tombak ke masyarakat dalam memaksimalkan program Bosara," terang Andi Bakhtiar.

Jejakfakta.com, Wajo - Untuk mengatasi masalah sampah plastik, Gerakan Bumi Hijau Yayasan Panrita Insan Cita menggelar kegiatan Kemah Lingkungan Bosara 2023 di Desa Walanga, Kabupaten Wajo, pada tanggal 17 - 19 Maret 2023.

Kemah Lingkungan ini diikuti 31 peserta berasal dari SMA/sederajat dari Wajo, Pecinta Alam dari Soppeng dan Himpunan Pelajar Mahasiswa Wajo (HIPERMAWA).

Kegiatan ini mengusung tema "Generasi Muda Sadar Lingkungan menuju Masyarakat Sehat Sejahtera".

Baca Juga : Act Now, Save the Future! Aksi Nyata Save the Children Bersama Anak dan Orang Muda Untuk Bumi yang Lebih Hijau

Ketua Yayasan Panrita Insan Cita, Andi Bakhtiar mengatakan, bahwa Kegiatan Kemah Lingkungan Bosara 2023 merupakan Eksistensi program Bosara yang terus berupaya mengatasi persoalan sampah terutama sampah plastik.

"Kegiatan ini menggambarkan bahwa kita masih eksis terus berjuang bagaimana sampah plastik bisa kita maksimalkan pemanfaataannya," ujar Andi Bakhtiar dalam keterangannya, Sabtu (18/3/2023).

Program Bosara sendiri dimulai dari tahun 2020, dimana program ini lahir untuk memberikan solusi atas persoalan sampah di Kabupaten Wajo.

Baca Juga : Peringati Hari Lingkungan Hidup 2024, DKP Sulsel Sebut Bahaya Sampah Plastik Masuk ke Laut

Bosara sendiri memiliki 3 komponen utama yaitu yang pertama KIBS (Kader Indonesia Bersih Sampah) yang bertugas melakukan sosialisasi pilah sampah dari rumah, Kedua adalah BANK SAMPAH Bosara yang akan membeli sampah plastik yang telah dipilah oleh masyarakat, dam yang ketiga adalah Rumah Produksi Bosara yang merupakan tempat pengelolaan sampah plastik.

"Penyadaran dimulai dari generasi muda kita, yang kedepan menjadi ujung tombak ke masyarakat dalam memaksimalkan program Bosara," terang Andi Bakhtiar.

Kegiatan Kemah Lingkungan Bosara 2023 diisi oleh materi persoalan sampah dan manajamen pengelolaan bank sampah, Narasumber yang mengisi berasal dari berbagai kalangan diantaranya Andi Gusti Makkarodda selaku pemerhati Wajo dan Jumadin yang merupakan Dosen UNM. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

#Sampah Plastik #Kemah Lingkungan Bosara 2023 #Wajo #Yayasan Panrita Insan Cita #Kader Indonesia Bersih Sampah #Bank Sampah Bosara #Rumah Produksi Bosara
Youtube Jejakfakta.com