Rabu, 29 Maret 2023 23:41

FIFA: Indonesia Batal sebagai Tuan Rumah Piala Dunia FIFA U-20 2023

Editor : Nurdin Amir
Foto: FIFA via Getty Images/Tom Dulat - FIFA
Foto: FIFA via Getty Images/Tom Dulat - FIFA

Indonesia tidak lagi menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA U-20 tahun ini. Tuan rumah baru akan diumumkan sesegera mungkin.

Jejakfakta.com, Doha - Indonesia tidak lagi menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA U-20 tahun ini. Tuan rumah baru akan diumumkan sesegera mungkin. Hal itu disampaikan FIFA melalui situs resmi, Rabu (29/3) malam.

"Menyusul pertemuan hari ini antara Presiden FIFA Gianni Infantino dan Presiden Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir, FIFA telah memutuskan untuk membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia FIFA U-20 2023," ucap FIFA dalam situs resmi FIFA.com.

Menurut FIFA, tuan rumah baru akan segera diumumkan, dengan tanggal penyelenggaraan turnamen masih belum berubah. Potensi sanksi terhadap PSSI juga akan diputuskan pada tahap selanjutnya.

Baca Juga : Manis di Bibir Pernyataan Pemerintah Indonesia di Sidang ICCPR

"FIFA ingin menggarisbawahi bahwa terlepas dari keputusan ini, FIFA tetap berkomitmen untuk secara aktif membantu PSSI, melalui kerja sama yang erat dan dengan dukungan dari pemerintahan Presiden Jokowi, dalam proses transformasi sepak bola Indonesia setelah tragedi yang terjadi pada Oktober 2022," kata FIFA.

Selain itu, Anggota tim FIFA akan terus hadir di Indonesia dalam beberapa bulan mendatang dan akan memberikan bantuan yang diperlukan kepada PSSI, di bawah kepemimpinan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

"Jadwal pertemuan baru antara Presiden FIFA dan Ketua Umum PSSI untuk diskusi selanjutnya akan segera dijadwalkan," sambungnya.

Baca Juga : Media Israel Sebut Indonesia Bukan Negara Modern, tapi...

Ketua Umum PSSI Erick Thohir telah bertemu dengan Presiden FIFA Gianni Infantino di Doha, Qatar, Rabu (29/3).

Pertemuan itu dilakukan guna membicarakan soal permasalahan yang dihadapi Indonesia untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Piala Dunia U-20 2023 dijadwalkan digelar di Indonesia pada 20 Mei hingga 11 Juni mendatang. Namun jelang penyelenggaraan tersebut terjadi polemik soal keikutsertaan timnas Israel U-20.

Baca Juga : Indonesia Hanya Kena Kartu Kuning, Timnas U-22 Bisa Main di SEA Games 2023

Beberapa pihak menolak Israel bermain di Indonesia, karena tidak memiliki hubungan diplomasi dengan Indonesia.

Sementara banyak juga pihak yang tidak mempermasalahkan Israel main di Indonesia, karena ini merupakan kegiatan olahraga yang menjadi hajatan FIFA.

Presiden RI Joko Widodo akhirnya angkat bicara tentang polemik tersebut. Jokowi menegaskan Indonesia secara prinsip tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel.

Baca Juga : Kata Presiden kepada Pemain Timnas Indonesia U-20

Namun untuk urusan olahraga yaitu Piala Dunia U-20 yang menjadi hajatan FIFA, Indonesia harus patuh terhadap aturan organisasi sepak bola dunia.

Maka itu, Joko Widodo memutuskan untuk mengutus Ketua Umum PSSI Erick Thohir guna menemui Presiden FIFA Gianni Infantino untuk mencari solusi terkait masalah tersebut.

Sebelumnya penolakan besar-besaran terhadap kedatangan timnas Israel U-20 ke Indonesia datang dari sejumlah pihak. Tidak saja organisasi keagamaan atau umum, melainkan dari pemerintah.

Baca Juga : Resmi! Timnas Indonesia U-20 Dinyatakan Bubar

Gubernur Bali I Wayan Koster adalah salah satu yang menentang keras kedatangan Israel ke Bali jelang drawing Piala Dunia U-20 2023 di Bali, Jumat (31/3).

Penolakan Wayan Koster itu dianggap sebagai kegagalan Indonesia memberikan jaminan keamanan bagi negara peserta.

FIFA akhirnya memutuskan membatalkan drawing Piala Dunia U-20 2023 di Bali, akhir pekan lalu. Pembatalan itu memunculkan spekulasi soal nasib Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 dan juga sanksi lain dari FIFA. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

#Indonesia #Piala Dunia FIFA U-20 #Ketua Umum PSSI Erick Thohir #Presiden FIFA Gianni Infantino #Piala Dunia U-20
Youtube Jejakfakta.com