Senin, 01 April 2024 19:46

Pimpin Rakor Pimpinan Perdana Pasca Dilantik, Kakanwil Kemenag Sulsel Tekankan Penguatan Moderasi Beragama

Editor : Redaksi
Penulis : Samsir
Kakanwil Kemenag Sulsel H. Muh. Tonang langsung menggelar Rapat Koordinasi Pimpinan di jajaran Kemenag Prov. Sulsel  di Aula Kanwil Jalan Nuri, Kota Makassar, Senin (1/4/2024). @Jejakfakta/dok. Humas Kanwil Kemenag
Kakanwil Kemenag Sulsel H. Muh. Tonang langsung menggelar Rapat Koordinasi Pimpinan di jajaran Kemenag Prov. Sulsel di Aula Kanwil Jalan Nuri, Kota Makassar, Senin (1/4/2024). @Jejakfakta/dok. Humas Kanwil Kemenag

Kakanwil juga akan konsen pada peningkatan SDM Aparatur Kemenag yang berujung pada peningkatan layanan kepada umat.

Jejakfakta.com, Makassar -- Pasca dilantik sebagai Kepala kantor Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan pada tanggal 26 Maret 2024, H. Muh. Tonang langsung menggelar Rapat Koordinasi Pimpinan di jajaran Kemenag Prov. Sulsel ini di Aula Kanwil Jalan Nuri, Kota Makassar, Senin (1/4/2024).

Disamping sebagai ajang silaturrahmi perdana antara Kakanwil Kemenag Sulsel yang baru dilantik dengan seluruh Pejabat Eselon III, Rakor pimpinan ini juga sebagai ajang konsolidasi internal khususnya dalam mensukseskan realisasi Program Prioritas Kemenag.

Dihadapan Seluruh Pejabat Eselon III baik di Lingkup Kanwil maupun Para Kakankemenag Kab/Kota se-Sulsel, Kepala bagian Tata Usaha H. Ali Yafid melaporkan bahwa posisi Kemenag Sulsel dalam hal Realisasi Anggaran per bulan Maret 2024 sudah berada di angka 24%, atau termasuk yang tertinggi presentasenya se-Indonesia

Baca Juga : Syiar Ramadan, Ini Jadwal Ceramah Dai Al-Ashar Asy-Syarif di Sulawesi Selatan

“Semoga Capaian Kemenag Sulsel ini, bisa terus dipertahankan, minimal sama seperti capaian Tahun 2023 Kemarin, Dimana Kemenag Sulsel meraih posisi teratas realisasi anggarannya secara Nasional,” ungkapnya.

Kakanwil Kemenag Prov. Sulsel H. Muh. Tonang mengawali sambutannya dengan menyampaikan salam hangat khusus dari Menteri Agama RI, dan salah satu pesan Gus Menteri adalah Agar seluruh aparatur Kemenag Tetap fokus dalam mensukseskan program prioritas Kementerian Agama di tahun 2024.

Kakanwil minta kepada Seluruh Pejabat atau Pimpinan Satker di Jajaran Kemenag Sulsel agar senantiasa melakukan evaluasi terhadap realisasi program dan kegiatan baik yang sudah berjalan maupun yang belum terlaksana.

Baca Juga : Dorong Pemerataan Infrastruktur Digital, Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kemkominfo RI Gelar Sosialisasi

Muh. Tonang juga menekankan agar menggencarkan akselerasi terkait penguatan Moderasi Beragama di semua unit kerja sampai tingkat bawah. "Serta memastikan pesan Moderasi Beragama tersampaikan di tengah Masyarakat atau umat, dan program ini harus disinergikan baik di internal Kemenag maupun pihak Eksternal," jelasnya.

Selain itu, Kata Kakanwil, seluruh Pimpinan juga harus memaksimalkan fungsi fungsi layanan di tata kelola kelembagaan dipastikan bisa berjalan dengan baik sesuai Tupoksinya.

Terkait Transformasi Digital, Mantan Kepala Bidang Pendidikan Madrasah ini minta seluruh komponen Kemenag wajib ikut serta dalam merealisasikan dan mensukseskan program transformasi digital di Kementerian Agama.

Baca Juga : Kemenag Sulsel Gelar Seleksi Petugas Haji Daerah, Ali Yafid: Kuota Cuma 57

"Yang penting adalah bagaimana merubah mindset warga Kemenag dari yang selama ini menggunakan layanan manual menuju ke layanan berbasis digital," pinta Tonang.

Khusus Publikasi Informasi, Kakanwil yang pernah menjabat sebagai Kasubag Humas Kanwil ini sangat mengapresiasi kreatifitas dan keaktifan unit kerja Kemenag baik di Tingkat Kanwil, Kemenag kab/Kota bahkan Satker yang sudah menampilkan sejumlah produksi kontentnya dan hal tersebut sudah memperkaya khasanah publikasi Kemenag Sulsel.

“Arah publikasi informasi kedepan bukan sekedar bertumpu pada kegiatan seremonial pimpinan tapi harus lebih variative, inspiratif dan inovatif, serta menyentuh kebutuhan layanan informasi dasar yang dibutuhkan umat atau Masyarakat, utamanya yang berbasis platform media social,” ulasnya.

Baca Juga : MQKN 2023 Berakhir, Sulsel Raih 1 Perak dan 2 Perunggu

Selain itu, Kakanwil juga akan konsen pada peningkatan SDM Aparatur Kemenag yang berujung pada peningkatan layanan kepada umat. Karenanya Kakanwil berencana akan mengasistensi khusus terkait Perencanaan program Kemenag Sulsel, bahkan akan melibatkan lembaga konsultan khusus untuk membantu mengawal program mulai perencanaan sampai target capaian bisa terealisasi.

Rakor Pimpinan ini juga merupakan kesempatan bagi Kakanwil mendengarkan paparan dari seluruh Kepala Bidang dan Pembimas serta Kakankemenag Kab./Kota, baik itu terkait progress realisasi program, usulan, saran, bahkan rekomendasi demi mendapatkan gambaran agar kedepannya semua bisa berjalan lancer dan sukses, khususnya di Kemenag Sulsel.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

#Kemenag Sulsel #konsolidasi internal #penguatan Moderasi Beragama #transformasi digital
Youtube Jejakfakta.com